Bleisure, Target Pasar baru untuk Hotel: Rencana 5 Langkah untuk Sukses

Bleisure telah menjadi segmen pelanggan yang berkembang pesat untuk hotel-hotel. “Bleisure” adalah portmanteau dari kata bisnis dan liburan, dan merujuk pada pelancong korporat yang juga menambahkan kegiatan liburan ke dalam masa tinggal mereka. Ia juga dikenal sebagai ” bizcation ” atau ” workcation “. Pertanyaan khas yang diajukan para tamu, “Apakah Anda bepergian untuk bisnis atau liburan?” kemungkinan akan segera membutuhkan opsi ketiga pelarian. Temukan cara untuk menarik tamu yang berlibur ke hotel Anda dalam panduan singkat 5 langkah ini untuk operasi hotel, manajemen pendapatan, dan profesional pemasaran hotel .

Apa Jenis Profil Tamu yang Termasuk dalam Pelancong Bleisure?

Wisatawan Bleisure biasanya memegang posisi eksekutif dan manajemen di sektor korporasi, di perusahaan mulai dari UKM hingga perusahaan multinasional. Namun, dengan munculnya pekerjaan jarak jauh dan lepas, dan semakin populernya menjadi “pengembara digital” dan bekerja di kantor rekan kerja, bleisure juga meluas ke profil ini. Bergantung pada target persona tamu Anda, Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda dengan setiap jenis profil rekreasi.

Ini mungkin termasuk eksekutif perusahaan berpenghasilan tinggi, dari 35 hingga 60 tahun, pria atau wanita; pengembara digital dengan berbagai tingkat pendapatan sekali pakai, dari 25 hingga 40 tahun, pria atau wanita; dan pendiri startup dengan daya beli yang cukup besar, dari usia 35 hingga 50 tahun, biasanya pria tetapi semakin wanita.

Yang terpenting, peran ini semakin banyak dihuni oleh generasi milenial, dan juga sekarang, Generasi Z. Ini adalah generasi yang lebih mengerti digital dan melakukan lebih banyak perjalanan bisnis, rata-rata 7,4 per tahun (Matadornetwork, 2019). Dan dengan fleksibilitas kerja-rekreasi yang lebih besar yang ditawarkan oleh perusahaan, sebagai tanggapan terhadap tuntutan dari generasi millenial dan generasi Z, jauh lebih mudah bagi para profesional untuk bepergian daripada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, kenaikan dalam anggaran perjalanan dan kemudahan bekerja dari jarak jauh, seperti biasanya dengan laptop, ponsel cerdas, dan akses internet yang baik, tamu yang berlibur lengkap dan siap bekerja di mana pun mereka berada.

Apa Arti Pertumbuhan Bleisure untuk Hotel?

Menurut penelitian oleh Expedia Group Media Solutions (2018), 60% tamu perusahaan memperpanjang masa tinggal mereka untuk menambah aktivitas rekreasi di atas kewajiban profesional mereka, sedangkan 57% pelancong yang berlibur menghabiskan waktu yang sama atau lebih seperti pada perjalanan liburan reguler.

Hotel-hotel proaktif telah melayani pasar balon udara yang membengkak, menyadari semakin pentingnya hal ini. Yang terpenting, banyak tamu yang berlibur adalah pelanggan berpenghasilan tinggi, dan biasanya bepergian dan menggunakan kartu kredit perusahaan untuk pengeluaran terkait pekerjaan. Untuk kegiatan rekreasi, mereka biasanya memiliki pendapatan yang dapat dibuang, jadi mereka adalah tamu yang sangat penting bagi hotel yang ingin memaksimalkan pendapatan.

Cara Menarik Wisatawan Bleisure ke Hotel Anda: Paket Tip Praktis 5 langkah Anda

1. MENAWARKAN PAKET LIBURAN PENDEK

50% perjalanan bisnis yang berlangsung dua hingga tiga malam kemungkinan besar akan berubah menjadi perjalanan liburan (riset Expedia). Oleh karena itu, Anda dapat membuat hotel Anda menonjol dari para pesaing dengan menawarkan paket-paket kunjungan singkat khusus yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung dan juga penawaran dan fitur-fitur utama.

Anda juga dapat bertujuan untuk menarik tamu yang sedang berlibur untuk menginap malam ekstra dengan diskon tambahan, seperti diskon 10% untuk malam tambahan, dan 20% untuk dua malam ekstra.

2. FOKUS PADA LAYANAN WISATAWAN BISNIS YANG PALING PENTING

Para tamu yang bepergian untuk bisnis cenderung mencari sejumlah fitur di hotel yang ideal. Ini termasuk internet kecepatan tinggi dan gratis, ruang kerja bersama, ketersediaan ruang pertemuan, banyak outlet listrik, kedekatan dengan pusat bisnis penting, dan kemudahan perjalanan.

Anda dapat meningkatkan penawaran Anda juga dengan memasukkan layanan tambahan seperti menyetrika pakaian di tempat, layanan kamar, termasuk makan malam dan sarapan, dan penggunaan suite kebugaran di tempat. Dan lebih sering, pelancong yang ingin liburan cepat, mudah check-in dan check-out. Hotel merespons permintaan ini dengan aplikasi yang melakukan hal ini, serta untuk mengelola pemesanan secara personal.

3. SERTAKAN LAYANAN KENYAMANAN YANG MEMIKAT

Ini dapat mencakup fitur yang ditujukan untuk relaksasi dan hiburan. Misalnya, tawaran paket rekreasi dapat mencakup akses spa all-stay, serangkaian pilihan pijat profesional, dan praktik terapi holistik sesuai permintaan, seperti reiki dan akupunktur. Hotel Anda juga dapat menawarkan kelas kebugaran populer, termasuk yoga dan pilates. Pilihan hiburan dapat mencakup bioskop atau ruang film di tempat, koktail setelah bekerja, atau musik live.

Anda juga dapat mengembangkan perjanjian dengan bisnis hiburan dan pariwisata lokal. Ini dapat mencakup pemandu wisata, pengalaman budaya, kunjungan ke landmark lokal dan penawaran dengan diskon yang memungkinkan untuk kegiatan lokal, seperti menyelam di laut dalam, mendaki gunung, atau hiking dengan pemandu.

4. BERTUJUAN UNTUK PENGALAMAN HYPER-PERSONALIZED

Apa yang menarik bagi satu wisatawan yang bepergian mungkin tidak menarik bagi yang lain. Faktanya, 86% (Kahuna, 2019) tamu hotel mengatakan bahwa personalisasi membantu mereka membuat keputusan ketika memilih hotel (Booking.com). Tetapi Anda dapat membuat hotel Anda lebih menarik dengan mengambil personalisasi hiper. Hyper-personalisasi mengacu pada pemanfaatan data preferensi tamu di tingkat granular untuk menawarkan pengalaman hotel yang paling sesuai yang mereka harapkan. Anda dapat memasukkan jenis layanan ini dengan menggunakan berbagai jenis data.

Ini termasuk informasi dasar, seperti metode kontak pilihan, tujuan perjalanan dan sebagainya. Anda juga dapat mengumpulkan data profil pribadi, seperti bahasa pilihan, kelompok umur dan jenis kelamin. Kemudian Anda berada dalam posisi untuk benar-benar mengenal tamu Anda sebelum mereka tiba.

Anda dapat menghubungi mereka melalui metode komunikasi pilihan mereka untuk meminta preferensi tertentu, seperti makanan dan minuman, permintaan pemesanan taksi, permintaan layanan kamar, preferensi kamar tertentu, dan sebagainya. Hotel semakin banyak menggunakan chatbots dan survei pra-check-in untuk mendapatkan informasi seperti itu.

5. DORONG TETAP BERULANG

Dengan menggunakan teknologi yang memungkinkan Anda menawarkan layanan yang dipersonalisasi, Anda juga dapat memahami layanan dan produk apa yang digunakan dan dinikmati oleh para pelancong bisnis. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi peluang cross-selling, dan juga untuk melihat apa yang mereka lewatkan tetapi akan menikmatinya. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk dimasukkan dalam penawaran paket menginap-ulang.

Selain itu, Anda dapat menggoda tamu Anda yang sedang berlibur dengan imbalan loyalitas eksklusif untuk pelanggan yang kembali, seperti diskon, gratis, harga spesial di luar puncak. Anda juga dapat menawarkan insentif untuk referensi kolega, termasuk diskon untuk masa menginap yang lebih lama.

Ketika mengembangkan strategi bagaimana menarik tamu yang ingin berlibur ke hotel Anda, mengambil sudut pandang yang komprehensif dengan tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan tamu yang berlibur melalui pintu tetapi untuk mengubahnya menjadi pelanggan yang loyal dan berulang yang menyanyikan pujian hotel Anda kepada rekan bisnis mereka akan membantu Anda untuk memaksimalkan kesuksesan Anda dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Menjadi Hotel Bleisure-Centric: Kata Akhir

Bleisure masih merupakan tren yang relatif baru di sektor perhotelan. Mengingat seberapa besar pertumbuhannya, ini adalah berita bagus untuk hotel-hotel yang tertarik untuk menarik minat kelompok ini. Langit benar-benar batas untuk liburan, dengan perjalanan bisnis diperkirakan tumbuh menjadi $ 1,6 triliun pada tahun 2020 menurut pandangan BTI terbaru dari Asosiasi Perjalanan Bisnis Global (penelitian GBTA), dan pengaburan garis yang terus-menerus antara bisnis dan liburan secara umum. Sekaranglah saatnya bagi hotel Anda untuk mengikuti tren yang sedang booming ini dan memposisikannya sebagai hotel pilihan terbaik di kota Anda dengan mengikuti 5 langkah untuk operasi , manajemen pendapatan, dan tim pemasaran hotel Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *